welcome to Fahmie"s BloG




Monday, May 12, 2008

"Setan Merah" Juara EPL 2008




Manchester United mengukuhkan diri sebagai yang terbaik di Premiership musim ini usai menyabet gelar juara. Padahal mereka mengalami musim dengan rekor terburuk.


Kemenangan 2-0 atas atas Wigan Athletic memastikan MU meraih titel juara liga untuk kali ke-17 sepanjang sejarah. Dalam 16 tahun terakhir atau sejak dimulainya era Premier League, ini adalah titel mereka yang ke-10.

Tak seperti kebanyakan musim saat mereka meraih juara yang didapat dengan dominasi penuh sejak awal kompetisi, kemenangan "Setan Merah" musim ini diraih melalui perjuangan yang jauh dari mudah. Harus menunggu hingga pekan terakhir liga adalah salah satu bukti yang mudah dilihat.

Mendatangkan Owen Hargreaves, Nani dan Carlos Tevez, langkah awal MU di Premier LeagueThe Red Devils sejak tahun 1992. sangat berat. Di tiga laga perdana mereka cuma mendapat dua poin setelah bermain imbang atas Reading (0-0) dan Portsmouth (1-1) serta dipaksa menyerah oleh Manchester City (0-1). Itu merupakan start terburuk


Namun performa buruk skuad Sir Alex Ferguson ya cuma sampai tiga laga perdana tersebut karena selanjutnya kemenangan demi kemenangan yang didapat. Total ada delapan kemenangan beruntun yang didapat sebelum ditahan Arsenal 2-2 di Emirates Stadium pada awal November.

Yang terjadi selanjutnya adalah persaingan ketat antara MU dengan The Gunners. Kedua klub beberapa kali berganti menduduki puncak klasemen sebelum akhirnya skuad besutan Arsene Wenger seperti kehabisan napas dan tercecer dari perebutan gelar.

Namun MU tak lantas melenggang dengan mudah di pucuk klasemen karena Chelsea perlahan bangkit dari keterpurukan pasca ditinggal Jose Mourinho. Meski banyak yang menilai The Blues
kurang meyakinkan, namun perlahan John Terry cs menjelma menjadi ancaman serius buat Ryan Giggs dkk.

Kekalahan 1-2 yang diderita MU saat bertandang ke Stamford Bridge membuat Premier League
musim ini menjadi salah satu yang paling sengit dalam beberapa dekade terakhir. Memasuki pekan penutup Liga Inggris, kedua klub masih punya koleksi poin yang sama meski MU lebih unggul dalam hal selisih gol.



Adalah Cristiano Ronaldo dan Ryan Giggs yang kemudian memastikan MU layak menjadi yang terbaik setelah mengawali musim dengan rekor terburuk. Dua gol dari winger itu menutup peluang Chelsea menjadi juara yang pada pertandingan lain justru ditahan Bolton Wanderers 1-1.

"Itu (persaingan) yang berat tapi juga fantastis. Saya sangat bangga karena berada di klub yang hebat, itu memudahkan saya (merengkuh juara) dibanding pelatih manapun," ungkap Fergie usai mematikan gelar ke-10-nya sebagai juara Liga Inggris.



Sumber : detikSport.com




Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 comments: on ""Setan Merah" Juara EPL 2008"